Peningkatan perkembangan bahasa anak melalui media rotar (roda pintar) pada Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i2.94Keywords:
Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Roda PintarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media roda pintar dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak melalui media roda pintar dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan perkembangan Bahasa anak melalui media roda pintar pada kelompok A di TKS Pertiwi Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TKS Pertiwi yang berjumlah 13 anak, 11 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media roda pintar dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak. Perkembangan bahasa anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, mulai dari siklus I sampai siklus II. Pada kondisi awal atau pra siklus perkembangan bahasa anak sebesar 41,53%. Pada siklus I perkembangan bahasa anak meningkat menjadi 56,73%. Pada siklus II perkembangan bahasa anak kelompok A mengalami peningkatan mencapai 79,16%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media rodapintar dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelompok A di TKS Pertiwi Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
References
Ardhyantama, V., & Apriyanti, C. (2021). Perkembangan bahasa anak. Stiletto Book.
Ardy, W. N. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for child development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Chrestiany, S., & Hasibuan, R. (2018). Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1–5.
Fakhruddin, A. U. (2019). Menjadi Guru PAUD. Elex media komputindo.
Hamidah, F., & Mais, A. (2020). Pengaruh metode tanya jawab terhadap motivasi belajar anak usia dini di pos paud kemuning 56 Mumbulsari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(2), 75–82.
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 01, 76–146. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3554
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Mariyani, A. (2018). Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Penggunaan Media Flash Card di TK IT Al-Kautsar Kota Bengkulu. Iain Bengkulu.
Muliawati, A., Sumardi, S., & Elan, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Plus Salsabil Kabupaten Cirebon. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 11–23.
Mulyani, M. P. (2018). Perkembangan anak usia dini. BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI, 46.
Permata, R. D. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4–5 tahun. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 05, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.14230
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58.
Syah, M. E., Damayanti, E., & Zahara, I. (2023). Mengerti Anak Usia Dini: Landasan Psikologi PAUD. Feniks Muda Sejahtera.
Yusutria, Y. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Malahatul Habibah, Denok Dwi Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.