Pembuatan alat permainan edukatif sisi imtaq dalam meningkatkan aspek nilai agama dan moral anak usia dini

Authors

  • Hilyatul Karimah Azzahra Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
  • Juannita Eka Rahmawati Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
  • Rista Sundari Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i2.71

Keywords:

alat permainan edukatif, iman dan taqwa, nilai agama dan moral

Abstract

Artikel ini membahas tentang dampak dari permainan sisi imtaq (iman dan taqwa) yang di buat oleh penulis. Dalam alat main sisi imtaq di harapkan dapat membentuk iman dan taqwa pada anak usia dini. Alat permainan sisi imtaq ini di harapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang baru kepada anak-anak dalam menyusuri nilai-nilai spiritual dan moral. Menurunnya nilai-nilai spiritual dan moral anak pada zaman sekarang, menjadi latar belakang penulis dalam pembuatan permainan ini. Dalam permainan sisi imtaq yang di kembangkan oleh penulis ada 5 (lima) macam ragam main yaitu pengenalan huruf hijaiyyah, urutan shalat, jumlah rakaat dalam shalat, tata cara wudhu dan waktu shalat. Di harapkan alat permainan edukatif ini menjadi sarana inovatif untuk membimbing anak-anak dalam memahami ilmu dasar imtaq yaitu mengenal agama. Praktek penelitian ini di laksanaka di TK PGRI 88 Ngaliyan, Semarang pada bulan November 2023. Hasil penelitian ini terbukti anak-anak TK PGRI 88 Ngaliyan, Semarang menjadi semangat dalam belajar dan lebih mudah memahami  huruf hijaiyyah, urutan shalat, jumlah rakaat shalat, tata cara wudhu dan waktu shalat.

References

Adam, A., Hamid, I., Abdullah, P. W., & Diva, F. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Ahklak Dan Moral SiswaDi Sekolah DasarNegeri 47 Kota Ternate. Juanga : Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 08, 29–47. https://doi.org/https://doi.org/10.59115/juanga.v8i1.52

Afif, M., & Khasanah, U. (2018). Urgensi Wudhu dan Relevansinya Bagi Kesehatan (Kajian Ma’anil Hadits) dalam Perspektif Imam Musbikin. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 03.

Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan perilaku anak remaja masa kini. Jurnal Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi Dan Pendidikan, 05, 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.70

Hermuttaqien, B. P. F., & Mutatik. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 03. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2645

Irsyadi, F. Y. Al, Puspitasari, D., & Kurniawan, Y. I. (2019). ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 09. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jamika.v9i1.1537

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 01, 76–146. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3554

Ma’rufah, Y. (2015). Manfaat Shalat Terhadap Kesehatan Mental Dalam Al-Qur’an. Skripsi—Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Maulida, S., & Ismawati, P. (2021). Pola asuh orangtua terhadap perkembangan nilai agama moral anak usia dini pada masa pandemi COVID-19 di TK Wachid Hasyim Surabaya. THUFULI: Jurnal PendidikanIslam Anak Usia Dini, 03, 7–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13559

Nurhayati, Agusniatih, A., Amrullah, & Suwika, P. (2022). Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06(03), 2183–2191. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850

Permata, R. D. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4–5 tahun. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 05, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.14230

Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan golden age dalam perspektif pendidikan Islam. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 06, 100–114. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3829

Pratiwi, W. (2017). KONSEP BERMAIN PADA ANAK USIA DINI. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03, 106–117.

Pribowo, S. F. P. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 1–12.

Pulungan, E. N. (2018). Peranan orang tua dalam mengajarkan pendidikan shalat pada anak sejak usia dini. JURNAL RAUDHAH, 06. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.281

Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie pada pengembangan media interaktif adobe flash pada mata pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30.

Rahmawati, T., Nurhasanah, Habibi, M. . M., & Suarta, I. N. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAHIBU Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Clasroom Action Research, 05, 163–170. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2766

Sudarsono, Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Di Sekolah MAMuhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 04, 437–445. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles

Citation Check