Faktor Strategis Peningkatan Kemandirian Belajar Anak Papua Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i1.57Keywords:
Faktor, Strategis, Peningkatan, Kemandirian, Belajar, Anak, Papua, Siswa, SDAbstract
Kemandirian belajar merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor strategis yang dapat meningkatkan kemandirian belajar anak Papua siswa SD Inpres Sibena 1 Teluk Bintuni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor strategis yang dapat meningkatkan kemandirian belajar anak Papua siswa SD Inpres Sibena 1 Teluk Bintuni, yaitu: pemahaman siswa tentang tujuan dan manfaat belajar, ketersediaan sumber belajar yang memadai, keterampilan belajar yang memadai. dukungan dan dukungan dari orang tua dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru dan orang tua memberikan perhatian yang lebih besar terhadap faktor-faktor strategis tersebut dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar anak Papua.
References
Bahar, E. E., & Juhrianto, J. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMAN 11 Pinrang. Jurnal Nalar Pendidikan, 10(2), 119–126. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.39130
Famawati, & Efendi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Mid Semester Genap Tahun Ajaran 2018 / 2019 Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Padang EcoGen Volume 2 , Nomor 3 , 5 S. EcoGen, 2(September), 399–411.
Fatmawati, I. (2023). Strategi Mengembangkan Kemandirian Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(3), 96–100. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/decive.v3i3.1852
Harsono, H., & Munawaroh, S. (2023). Efektivitas Budaya Refleksi Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Selama Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Repositori IMWI, 6(2), 711–720. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i02.265
Marpaung, R. W., Sinaga, S. B., & Womsiwor, S. (2022). Inclusive Education Curriculum Development for Indigenous Students in Papua. SHS Web of Conferences, 149, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214901023
Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Analisis Studi Pada Kemandirian Belajar Siswa. Khatulistiwa: Jurnal …, 3(3), 114–126. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1869
Pratiwi, E. A., Zulhaji, Z., & Hajar, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 207. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30263
Sukarni, Sudarwati, & Dpw, I. A. (2022). Independence, Facilities, Motivation And Learning Culture On Learning Achievement Of Students Kemandirian, Fasilitas, Motivasi Dan Budaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 7(1), 103–116.
Sulelino, R., Chen, Y., & Henning, M. (2021). Exploring Papuan medical
students’ learning experiences whilst studying in Indonesia. Australian Journal of Indigenous Education, 50(2), 368–376. https://doi.org/10.1017/jie.2020.7
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suherman Suherman, Markhamah Markhamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.