Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lesson Study terhadap Karakter dan Keterampilan Peserta Didik

Authors

  • Sandy Abdi Kusumah Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i1.56

Keywords:

Karakter, Keterampilan, Lesson Study

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjalan begitu cepat, tentu harus dibarengi dengan karakter dan keterampilan yang baik. Peningkatan karakter dan keterampilan dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh pembelajaran kimia berbasis lesson study terhadap karakter dan keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu. Pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study dilakukan melalui tahapan plan, do dan see. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Palu. Sampel penelitian adalah kelas X7 untuk kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 35 orang dan kelas X8 untuk kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 36 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket karakter dan tes keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t dua sampel dengan α= 5%. Hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran berbasis lesson study berpengaruh terhadap karakter dan keterampilan peserta didik.

References

Agustinus, M. D., Yusuf, M., & Subagya. (2023). Model Pembelajaran PBL Berbasis PTK-LS terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains. Journal of Education Action Research, 7(2), 288–297. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.5663

Bastian, A., Firdaus, M., & Rizky, R. (2023). Pelatihan lesson study dalam peningkatan kompetensi pedagogik bagi guru SMK. JES-TM Social and Community Service, 2(1), 46-51. https://jes- tm.org/index.php/jestmc/article/view/8

Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis literasi melalui pendampingan lesson study di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 10-24. https://doi.org/10.36312/linov.v7i1.633

Fahreza, F. & Junikar. (2018). Implementasi pendekatan lesson study terhadap hasilbelajar dan karakter siswa di kelas IVSD Negeri Paya Peunaga. Jurnal Genta Mulia, 9(2), 83-92. https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.542

Herlina, N. (2020). Sistem pendidikan dan pengembangan karakter dalam pemetaan kompetensi sumber daya manusia. Prismakom, 17(1), 52-54. https://jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/ view/57/28

Khery, Y., Nufida,B. A., Amin, R., Rizkiyansyah, N., Isnaeni, N., Fatihin, I., & Fatmawati, R. (2019). Efektifitas penerapan pembelajaran proyek melalui lesson study untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(2), 91-103. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/index

Nurulwati, Herliana, F., Elisa, & Musdar. (2021). The Effectiveness of Project-Based Learning to Increase Science Process Skills in Static Fluids Topic. AIP Conference Proceedings, 2320(March). https://doi.org/10.1063/5.0037628

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter: Wawasan, strategi dan langkah praktis. Erlangga.

Suherman. (2012). Analisis karakter mahasiswa pendidikan kimia Tahun Ajaran 2012. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Program Pascasarjana.

Wang-Iverson, P. & Yoshida, M. (2005). Building Our Understanding of Lesson Study. Research for Better Schools.

Zubaidah, S. (2017). Lesson study sebagai salah satu model pengembangan profesionalisme guru. FMIPA Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles

Citation Check