Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Authors

  • Wahyuni Wahyuni Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Helmi Helmi Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Irmawati Irmawati Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Fitri Fitri Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i1.21

Keywords:

Youtube, Media belajar, Matematika

Abstract

YouTube merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan khususnya dalam pembelajaran matematika. Karena masih banyaknya anggapan dari peserta didik bahwa matematika membosankan saat dipelajari, hal ini terjadi karena tidak adanya inovasi-inovasi terbaru dalam pembelajaran atau hanya menggunakan cara-cara tradisional saja. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini guna melakukan kajian literatur terkait efektivitas penggunaan YouTube terkhusus dalam pembelajaran matematika. SLR (Systematic Literature Review) adalah metode penelitian yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini. Mendokumentasi dan mereviu merupakan cara yang dilakukan dalam pengumpulan data, dan adapun artikel mengenai efektivitas YouTube sebagai media pembelajaran matematika yang akan dipilih kemudian direviu memenuhi syarat diterbitkan dalam kurung waktu 2019-2023. 20 artikel jurnal nasional dipilih yang diperoleh dengan menggunakan bantuan aplikasi Publish or Perish dari database Google Scholar. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa YouTube sangat memberikan dampak dan pengaruh baik seperti menambah semangat dan hasil belajar penggunanya sehingga YouTube dapat dijadikan alat inovatif khususnya dalam belajar matematika.

References

Afiani, N. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linier Menggunakan Problem Based Learning Dengan Media Youtube dan PPT Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.95

Aprillinda, M. (2019). PERKEMBANGAN GURU PROFESIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0. 600–608.

Arifin, M., Sari, A. P., Maulana Tama, A., Keguruan, D. F., Pendidikan, I., Muhammadiyah, U., Utara, S., Fakultas, M., & Dan, K. (2017). Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). 1, 633–640. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9613.pdf/?sequence=1&isAllowed=y

Aulia, N., & Asyhar, B. (2022). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 64–69. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1168

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183

Broadhurst, R. (2020). Ind ex. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42

Choiroh, F. (2022). Pesat Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pembelajaran Daring Siswa X Produksi Grafika Smkn 1 Lumajang Menggunakan Media Sosial Youtube Buatan Guru Tahun Pelajaran 2020/2021. 8(4). http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat

Dudin, J. I. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Penggunaan Media Youtube pada Pembelajaran Matematika Kelas 6 di SD. Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i1.48

Fadillah, K. R., Marmoah, S., & Hadiyah. (2021). Analisis dampak pembelajaran matematika berbantuan media youtube terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di sekolah dasar selama social distancing. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 9(5), 2–6.

Febrianti, P., Setiyoko, D. T., & Nurpratiwiningsih, L. (2022). Pengaruh Video Youtube Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(19), 523–531. https://doi.org/10.5281/zenodo.7222855

Herawati, R., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Pada Pembelajaran Daring Kelas II Sdn Sleman 5 Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Youtube. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 177–189. http://eprints.uad.ac.id/21221/1/17. RATNA HERAWATI - PGSD %28177-189%29.pdf

Herminingsih, Nurdin, & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79–84. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1040

M. Ardiansyah, M. A., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Marinda, R., Santy, M., Rosyadah, S., & ... (2022). Penggunaan Media Youtube Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar …. … Dan Multi Disiplin, 286–290. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/272%0Ahttps://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/272/266

Nur Setiyana, F., & Kusuma, A. B. (2021). EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains POTENSI PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 6(1), 71–90. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains

Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). The Effect of Youtube Video Media On Mathematical Learning Achievements In Tenth Grade Students SMK Negeri 2 Sukoharjo 2017/2018 Academic Year. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345

Setyawan, D., Lukito, R., & Sirojudin, M. W. (2022). Pengaruh Tayangan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Anak Sekolah Dasar. 2, 59–68.

Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Youtube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 443. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39333

Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles

Citation Check