Analisis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK

Authors

  • Antonius Edy Setyawan STKIP Persada Khatulistiwa, Indonesia
  • Yasinta Lisa STKIP Persada Khatulistiwa, Indonesia
  • Anggun Julia Agustini STKIP Persada Khatulistiwa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i2.67

Keywords:

Kurikulum Merdeka, SMK, RPL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 1 Belimbing Kabupaten Sintang-Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan jenis mixmethod. Langkah penelitian ini dilakukan validasi konstruk yang merupakan tipe validitas internal rasional instrumen, validasi isi adalah kesesuian soal-soal atau materi dalam ujian, validitas isi. Validitas yang digunakan yaitu: 1. Face Validity (validitas muka) 2. Logical validity (validitas logis). Penelitian mengenai implementasi kurikulum merdeka menggunakan alat pengumpulan data sebagai berikut: observasi siswa,observasi guru,penilaian kepsek terhadap kinerja guru,wawancara kepala sekolah. Hasil rekapitulasi angket siswa Kelas RPL 1 dan RPL 2, serta observasi pelaksanaan pembelajaran RPL di SMK Negeri 1 Belimbing, disimpulkan bahwa terdapat respons positif siswa terhadap sebagian besar aspek pembelajaran. Secara umum, siswa menilai kondisi pembelajaran di sekolah kondusif, menyenangkan, dan aktif, sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka Belajar. Hasil penelitian menunjukan yaitu: 1). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Belimbing, khususnya pada kompetensi RPL ,menunjukan hasil positif. 2). Para guru telah mengatasi berbagai kendala dengan sangat baik. 3). Upaya yang dilakukan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Belimbing mencakup aspek-aspek positif seperti interaksi guru-siswa baik.

References

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50.

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara, 136(2), 2–3.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage publications.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2).

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 181–192.

Luthfi, A., Samala, A. G., Desky, A. H. A., Jalinus, N., & Waskito, W. (2024). Studi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada SMKN 1 Solok Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 981–988.

Mujab, S., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1538–1545.

Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis kesiapan guru matematika dalam implementasi kurikulum merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726.

Rahmadani, U. (2019). Analisis Kesulitan Guru SMA Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Rokan Hilir. Universitas Islam Riau.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 494–502.

Wala, G. B. D., & Koroh, L. I. D. (2022). Studi Etnografi Tentang Budaya Sekolah dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Loli. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(4), 285–295.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles

Citation Check